Senin, 20 Desember 2010

DulCOlaC 5mg

Komposisi
1 tablet salut-enterik mengandung :
Bisacodyl 5mg
zat tambahan :
laktosa, pati jagung, gliserol, magnesium stearat, sukrosa, talk, akasia, titanium dioksida, eudragit L100 dan S100, dibutilftalat, polietilen glikol, Fe-oksida kuning, beeswax white, carnauba wax, shellac.

Cara Kerja Obat
Bisacodyl adalah laksatif yang bekerja lokal dari kelompok turunan difenil metan. Sebagai laksatif perangsang (hidragogue antiresorptive laxative), DULCOLAX merangsang gerakan peristaltis usus besar setelah hidrolisis dalam usus besar, dan meningkatkan akumulasi air dan elektrolit dalam lumen usus besar.
Indikasi/Kegunaan

Digunakan untuk pasien yang menderita konstipasi. Untuk persiapan prosedur diagnostik, terapi sebelum dan sesudah operasi dan dalam kondisi untuk mempercepat defekasi, DULCOLAX harus digunakan dengan pengawasan medis.
Efek Samping

Sewaktu menggunakan DULCOLAX, dapat terjadi rasa tidak enak pada perut termasuk kram, sakit perut, dan diare. Reaksi alergi, termasuk kasus-kasus angio-oedema dan reaksi anafilaktoid   juga   dilaporkan   terjadi   sehubungan   dengan pemberian DULCOLAX.

Kontra indikasi
DULCOLAX dikontraindikasikan pada pasien ileus, obstruksi usus, yang baru mengalami pembedahan di bagian perut seperti usus buntu, penyakit radang usus akut dan dehidrasi parah. DULCOLAX juga dikontraindikasikan pada pasien yang diketahui hipersensitif terhadap bisacodyl atau komponen lain dalam produk.

Interaksi
Penggunaan bersamaan dengan diuretik atau adreno-kortikoid dapat meningkatkan resiko ketidakseimbangan elektrolit jika DULCOLAX diberikan dalam dosis yang berlebihan. Ketidakseimbangan elektrolit dapat mengakibatkan peningkatan sensitivitas glikosida jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar