Senin, 07 Februari 2011

cara mancing ikan mas / Tombro


1. Kolam yang airnya warna hijau, artinya air yang tidak lancar sirkulasinya. Bahkan mungkin air yang tidak jalan sirkulasinya. Kalau sirkulasi tidak jalan, maka sisa umpan mengendap banyak, lumut dan tanah serta lumpur di dasar empang banyak.
Jika demikian, maka umpan yang jatuh ke dasar kolam akan "tertelan" oleh :
- banyaknya lumpur,
- bau-nya dasar kolam,
- sisa umpan dan kotoran lainnya.
Untuk itu, maka perlu umpan yang bisa menyaingi kondisi tersebut, dengan cara menambahkan banyak wewangian dan essence-essence, namun ramuan essence dan wewangian ini, formulasi dan jumlahnya, berbeda untuk setiap kolam.
Makanya, harus banyak mencoba, di tempat yang sama, kalo bisa dilapak yang sama 4 atau 5 kali mancing disitu, coba-coba formulasi umpan.
Air warna hijau pekat, tidak ada sirkulasi, tidak pernah dikuras trus tiap hari dipake buat mancing. Emang kalo kondisi empang kaya begini Ikan pada mabok and susah makan. Pernah ane ikut lomba di empang ini, dapet juara total, itupun cuma 6 ekor. Umpan yg gw pake: umpan Kang ito-Pandan, dancow 1 sachet, deho 1klg, telor bebek 2btr, kroto 1 ons, trus gw tambahin essece amis secukupnya (choya & tuna).

2. Pagi menjelang siang (cuaca cerah):
- Jam 08 s.d 11.30 : Ikan cenderung rakus memakan umpan , kita siapkan umpan beraroma amis (umpan ini disukai ikan mas diwaktu pagi) karena aroma amis sangat digemari oleh ikan mas...bila cuaca masih keadaan panas pakai umpan yg beraroma amis trus...usahakan agar lempar umpan dlm 1 spot saja (jng ditinggalkan), penggunaan umpan amis ini hanya sampai waktu antara jam 08.00 s.d jam 02.30 siang..!
Pagi menjelang siang (cuaca mendung dan mau hujan):
- Jam 08 s.d 11.30 : Ikan cenderung kurang makannya, siapkan umpan yg beraroma harum (wangi)...jng pake umpan yg amis...krn hawa amis akan pudar bila cuaca mendung dan apalagi hujan...bila ada umpan dr umbi2an siapkan tuk mencari ikan super/babon..menurut mengamatan ak...relatif hampir 75% ikan super gemar makan umpan yg dr umbi2an (warna kuning)
Bila kita ketahui waktu2 tertentu dr keadaan alam baik panas or hujan...kita siapkan umpan dlm bentuk 3 jenis umpan :
Siapkan umpan : - Amis (tambahan deho)
- Wangi (tambahan pandan)
- Umbi2an (biasanya aromanya sedikit wangi) itu sedikit trik or info yg menurut pengamatan ak yah...kl sedikit meleset maaf yg sebesar2nya apalagi buat para pakar pancing... mudah2an ada manfaatnya

3. Kolam itu ada yang airnya mati dan jalan ( ngalir ), yang saya tau untuk air mati harus berbau amis ( ngga harum ) dan untuk air yang ngalir itu biasa saya pake yang bau nya enak ( ngga hambar ato harum ), dan untuk ikan super biasanya akan cepet makan apabila ada berbau daun pandan..

4. Untuk mata kail..pake yg no 4 and 5 saja...pilih yang bermerek and biasa dipakai oleh pemancing2 and pakar2 karena setiap pemancing pasti berbeda merk pancing...!!!
Tips sedikit buat mata kail :
• Tuk penggunaan mata kail buat mancing ikan mas..pergunakan no. 4 and 5
• Pilih yang mermerk and kuat...usahakan cari mata kail yg ujungnya runcing
• Setelah acara memancing...cuci mata kail segera mungkin agar tidak berkarat or bisa terjadi pemuaian dr bajanya
• Penempatan mata rangkaian mata kail di jadi satu dengan menempatkannya di wadah yg lembut...seperti gabus, busa dll...agar kenur-nya tidak cepat ketas/putus and kenur tidak keriting...
5. Tips dasar seorang pemancing (dlm segi tehnik):
• Dasar dari ikan mas adalah cenderung makan yg beraroma amis or aroma harum, kita harus peka akan keadaan ikan mas tersebut...maksudnya ikan yg biasa dikolam tuk lomba biasanya menggunakan umpan amis or beraroma wangi???cari info...ini adalah langkah awal yg harus diketahui tuk seorang pemancing apalagi yg masih baru..(yang ingin turun dlm kalangan lomba)
• Lihat kadaan air...blower...and kondisi alam...misalnya..ikan mas getol banget makan umpan kl udara di waktu panas...dijamin...ikan mas main samber umpan.
• Siapkan Umpan sedemikian sempurna + pd (percaya diri) ma umpan yg kita buat. usahakan umpan yg kita buat awet sampai menjelang lomba berakhir (ini sering dilupakan pemancing...kl perlu di waktu siang kita rajin ngendusin (yah spt anjing pelacak lah) umpan kita..apakah masih bisa and layak dipakai or dach basi??)
• Usahakan kita jeli arah ikan sedang berkumpul...waktu di blower...atau umpan bom waktu kita melepaskan umpan...(yg lebih baik lagi...lihat rembesan di air...bila ada gelembung2 kecil dan membentuk bulatan...cobalah umpan kita letakan disana...tp jng sampai ikan kabur..perlahan2 dan tinggalkan umpan pasti umpan kita akan disambarnya).

6. Karena karakter Ikan Mas makan umpan dg gaya nungging maka mata kail beserta umpannya pun diletakkan agak menyentuh dasar kolam.

7. Kenur Tanda Umpan dimakan ikan :
• Kenur ngacir2.
• Kenur cuma ngendor.
• Kenur cuma gerak ndut2an.
• Kenur gak ada pergerakan tapi pas mau ganti umpan ada ikannya (makan tidur).
• Kenur menegang.

8. A. Aroma Umpan
Ikan lebih menyukai aroma/wangi seperti apa?
Untuk ikan mas... ada tiga macam jenis umpan:
Umpan wagi, Umpan amis, dan Umpan amis wangi.

Tujuan mencampur beberapa essen dalam umpan..apakah untuk menciptakan aroma/ Wangi baru??
Essen hanya membantu agar umpan menjadi beraroma.
Essen bukan menciptakan aroma "baru", kita hanya memilih aroma apa yang ikan sukai.

B. Rasa Umpan:
Rasa apa yg lebih disukai oleh ikan??
Ikan tidak mencicipi rasa tapi mengenal aroma (beberapa jenis ikan tidak punya lidah jadi tidak akan tahu rasa: ikan mas jenis ikan yg tidak punya lidah).
Untuk mendekteksi umpan, ikan menggunakan 3 indra.
• Indra penciuman untuk mencari bau/aroma umpan.
• Indra penglihatan untuk mencari mangsa.
• Indra sensorik untuk mencari keberadaan umpan (mangsa sakit, ketakutan, smaput, kejet2, atau umpan olahan).

Tujuan penambahan 'sasa & royco ' pada umpan??? ( sebagian ada yg pake )
Ini bukan ke arah rasa tapi kearah aroma... aroma kaldu yg di hasilkan bumbu penyedap adalah faktor utama.

Tujuan pencampuran dari berbagai macam bahan umpan??
Mancing ikan mas adalah mancing yg paling ribet dan pemancing biasanya berusaha untuk berkreasi untuk mendapatkan umpan yg paling Josss.
Tujuan adalah mencari umpan yg paling di sukai ikan.

Apakah dalam membuat umpan hanya bertumpu pada " Aroma & Rasa "??
Sekali lagi... umpan ikan tidak berdasar rasa tapi berdasar aroma.
Membuat umpan bisa di lakukan dengan bertumpu dari cara ikan mencari makan...
Coba perhatikan 3 indra yg dijabarkan di atas.

Untuk umpan ikan kolam/freshwater ada 3 jenis umpan...:
● Umpan hidup (livebait): cacing, ulat, serangga, cicak, laba2, orong2, undur2, laron, bilatung dll.
● Umpan Bohongan/Mainan (lure): minnow, spinner, minipopper, spoon, softplastic, dll.
● Umpan Olahan: Pelet, Aci, Ongol-ongol, Cendil, Roti, dll.

9. Mengukus, setelah selesai buka umpan yang dikukus & biarkan umpan dingin agar uapnya menguap. Karena bila mengandung air umpan akan cepat basi.

10. Katulampa, harus dikukus bareng agar tidak menghilangkan rasa umpan/merusak selera makan ikan.

11. Santan/Kara, rebus sampai berbentuk pasta (mengeluarkan minyak lalu didinginkan) baru di campurkan dengan adonan umpan.

12. Umpan sudah jadi, rajin-rajinlah menutup umpannya.

13. Pengeras, usahakan beraroma yang netral agar rasa umpan terjaga.

14. Kroto, ambil putihnya saja. Bisa diseduh 15 mnt atau kukus ± 10-15 mnt untuk menhindari basi.

15. Kuning Telur, aduk/mixer sampai rata/halus baru dicampur dengan adonan/bahan lainnya.

16. Daging, rebus segala bahan berbahan dasar daging ikan dengan ½ matang.

17. Ikan Baru/Masih Utuh, tambahan umpannya : Ubi jalar rebus/Santan Kelapa.

18. Ikan Hasil Pembesaran Air Deras, tambahan umpannya : Pelet Super

19. Ikan Sakit/Kenyang/Bekas Terkail, tambahan umpannya : Kuning telur rebus/Tepung Cacing kering.

20. Cairkan dahulu untuk bahan : Keju, Roombutter Weisdjmans, Susu (bubuk).

1 komentar:

  1. boss..sharing dong ,umpan tombro untuk kolam pemancingan di daerah jogja.thakz..

    BalasHapus