Senin, 07 Februari 2011

cara mengikat mata kail pancing


Cara Mengikat pancingCara mengikat pancing biasanya tergambar di balik kemasan kail yang anda beli.pada pancing – pancing kualitas bagus seperti Gamakatsu, Owner sudah terdapat cara untuk memasang dan mengikat kail. Meski cara mengikat pancing ada berbagai macam, namun secara garis besar para pemancing membedakannya menjadi dua macam, yakni untuk ikan laut dan untuk ikan air tawar.
Cara mengikat mata kail untuk pemancingan air tawar, biasanya langsung menggunakan
Senar yang diikatkan di mata kail. Senar tersebut kadang dapat diganti dengan penggunaan benang nilon yang tentu saja lebih lemas dan tidak bisa keriting seperti senar. Senar atau benang nilon diikatkan ke lubang atau mata kail dan sebaiknya disambungkan ke kili – kili, fungsinya adalah sebagai poros yang dapat berputar – putar jika ikan tangkapannya bergerak dengan liar, kili – kili yang dapat berputar mengikuti pergerakan ikan akan membantu senar supaya tidak keriting.
Setelah senar diikatkan ke mata kail disambungkan ke pemberat yang diletakkan di tengah – tengah rangkaian senar. Gunakan pemberat yang tidak terlalu besar, gunanya agar saa melemparkan umpan ke air dengan cepat umpan akan tenggelam, untuk umpan yang melayang saat di air tentu saja akan sangat membantu. Dan yang terakhir dalam rangkaian kail yaitu pelampung yang dibuat secara flesibel sehingga bisa di geser ke atas dan kebawah disesuaikan dengan kedalaman kolam.
Pada pemancingan di laut, tentunya tidak bisa seperti itu, Senar sebaiknya tidak langsung diikatkan ke mata kail, namun terleih dahulu di sambungkan ke serat baja dengan ukuran secukupnya. Serat baja ini akan menahan gigitan ikan yang cukup tajam. Gigitan ikan di laut bisa saja memutuskan senar anda, maka sebaiknya penggunaan serat baja sepanjang kurang lebih 30 cm akan menahan resiko senar anda putus karena gigitan ikan.

Cara mengikat kail

Cara mengikat kailPengggunaan pemberat pada rangkaian pancing di laut disesuaikan dengan kebutuhan, jika anda ingin maning dasar, maka sebaiknya anda menggunakan pemberat yang cukup besar, pada nelayan lokal, saya pernah melihat mereka menggunakan pemberat dari busi sepeda motor yang sudah tidak terpakai, selain cukup besar, pemberat tersebut didapat dengan gratis. Karena biasanya kalau mancing dasar sebaiknya membawa banyak pemberat, karena akan sering sekali tersangkut batu karang dan pemberat anda akan sering hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar