Sabtu, 05 Februari 2011

cara memilih joran yang baik

Salah satu perlengkapan memancing yang sangat penting adalah joran. Saat ini banyak joran yang beredar di pasaran dengan berbagai merek dan tipe. Tapi anda haruslah jeli dalam memilih joran, jangan sampai membeli joran yang tidak sesuai dengan karakter dan kebutuhan anda sendiri.
Mungkin bagi pemancing yang sudah berpengalaman tidak begitu kesulitan untuk memilih joran. Namun untuk beberapa pemancing yang bisa dibilang baru memulai debutnya di dunia galatama disarankan untuk jeli dalam memilih joran, baik itu dalam penggunaan maupun kualitasnya. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli joran adalah :
 Tipe joran
Pemilihan joran untuk perlombaan galatama sebaiknya memakai joran yang lentur di ujungnya saja. Karena waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat dibandingkan dengan joran yang lentur sampai ketengah.
Joran itu secara garis besar ada type yang Fast Tapper dan juga Slow Tapper. Isitilah tapper ini seperti kecepatan aksi joran dalam merespon gerakan kita, saat kita menghentak joran pada waktu "hit" atau lure disambar ikan. Joran fast tapper ini cenderung keras di bagian pangkal sampai ke bagian tengah joran, baru agak lemas/lentur di ujungnya, sedang yang slow tapper cenderung lentur mulai dari ujung joran dekat handle / grip. Joran fast tapper cenderung lebih mudah dipakai, karena dengan joran ini kita bisa casting lebih jauh dan respon joran saat kita gentak juga cukup cepat.
  • Panjang joran
Kontradiksi antara penggunaan joran panjang dengan pendek sampai sekarang ini hampir tidak pernah berakhir, tetapi untuk lomba panjang joran idealnya berkisar antara 160-180 cm untuk yang satu bagian dan 3 meter untuk yang 2 bagian, joran yang lebih panjang memang dapat melontarkan umpan yang lebih jauh, tetapi disesuaikan dengan luas kolam. Jika memang kolamnya sempit sangat mubazir jika anda menggunakan joran yang agak panjang. Seperti di Telaga Indah Ciledug, yang karakter kolamnya luas, umumnya para pemancing menggunakan joran yang 2 bagian.
Dan untuk lomba juga sebaiknya jangan menggunakan joran teleskopik atau antena, karena tiap sambungannya mudah bergeser sehingga kelenturannya mudah berkurang dan kekuatannya terbagi-bagi.
  • Berat Joran
Berat joran ini juga mesti jadi perhatian kita. Joran fiberglass itu kuat, tapi cukup berat, sedang joran carbon itu ringan tapi lebih mudah patah dibandingkan dengan joran fiberglass. Jadi sesuaikan dengan jenis ikan yang ada di perlombaan.
  • Handle / Grip
Handle secara umum ada 3 jenis, yaitu handle pendek, medium dan panjang. Joran yang pendek ini, biasanya dipakai untuk single-hand casting (casting dengan satu tangan), dan yang panjang untuk double-hand casting (casting dengan 2 tangan). Sedang yang medium, biasanya untuk single-hand casting tapi posisi ujung joran yang lebih panjang ini akan membantu kita menahan beban joran, terutama saat "bertarung" dengan ikan. Untuk perlombaan galatama kebanyakan menggunakan yang medium.
Mungkin ini adalah sebagian dari hal-hal yang harus anda pertimbangkan dari banyak hal-hal lainnya sebelum membeli joran. Namun pada kenyataannya pengalaman lah yang akan memberitau anda joran yang bagaimanakah yang cocok untuk anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar