Jumat, 04 Februari 2011

UMPAN UMUM UNTUK IKAN TOMBRO

Umpan umum yang dimaksud di sini adalah umpan buatan yang dapat dicerna ikan, merupakan hasil pabrikan yang kemudian diramu sendiri oleh pemancing sehingga menjadi umpan siap saji. Pemberian umpan buatan awalnya semasa pembudidayaan karena selain mudah dibuat dan praktis, umpan buatan ini dapat mempercepat tumbuhnya ikan lewat protein dan gizi yang dicampurkan di dalamnya.
Bahan dasar umpan terbuat dari tepung ikan dan bahan lainnya dicampur kemudian dipadatkan di sebut pelet. Dari bahan pelet inilah umpan yang umum dipakai oleh para pemancing, sedang tambahan ramuannya biasanya dimiliki sendiri oleh masing-masing pemancing . Bahan dasar untuk ramuan umpan atau umpan yang sudah jadipun kini ada banyak terdapat di toko pancing. Beberapa di antaranya malah diimpor langsung dari luar negeri seperti pelet Marukyu dari Jepang, aroma perangsang produksi Berkley dan sebagainya.
Namun secara umum umpan ramuan dibuat sebagai berikut:
1. 1 kantong pelet halus
2. ikan sardin 1 kaleng
3. 1 butir telur bebek.

Cara meramu :
Bersihkan sardin dari sausnya lalu hancurkan , telur bebek ambil bagian kuningnya saja, aduk rata pada baskom lalu campurkan pelet halus tadi sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata dengan menambahkan sedikit air. Untuk mengaduk dapat digunakan sendok nasi yang besar (centong), aduk hingga liat sampai umpan siap digunakan. Umpan yang sudah jadi dapat ditambahkan kroto. Tutup umpan dengan serbet basah agar tidak diganggu lalat dan tidak kering terkena sinar matahari. Penggunaan umpan cukup dipulung-pulung kira-kira sebesar kelereng lalu disatukan ke kail dengan bentuk seperti tetesan air. Besar umpan sesuaikan dengan besarnya mata kail. Umpan umum ini hanya disajikan di dasar air. Pengalaman akan mengajarkan anda pada ramuan dan takaran yang sesuai sehingga saatnya nanti umpan anda menjadi yang terhebat di lomba.

Umpan Ikan ikan  Part 2

Umpan ikan untuk Kolam Pemancingan : Cocok untuk target sasaran ikan mas, tombro. Umpan ini sudah diuji cobakan oleh pemancing kawakan. Cocok buat anda yang bersiap siap untuk memancing di kolam pancing. ( diambil dari berbagai sumber )
Resep 1:
Bahan – bahan :
-         Ubi jalar atau ketela rambat 500g
-         Jagung muda
-         Belut 200 gram
-         Ikan sarden satu kaleng kecil
-         2 butir telur itik, atau telur bebek
-         100 gram pakan udang dalam bentuk tepung
-         kroto atau telur semut secukupnya
Cara pembuatan:
-         ubi jalar dan jagung dikukus sampai matang, jagung diambil butirnya saja dan dihaluskan.
-         Belut di kukussampai matang, diambil dagingnya dihancurkan dan dicampur dengan adonan pertama
-         Sedikit demi sedikit dituangkan teluryang sudah dikocok terlebih dahulu sampai rata.
-         Ikan sardine diambil dagingnya saja tanpa kuah lalu dicampurkan juga.
-         Pakan udang berbentuk tepung dicampurkan sekaligus untuk menjaga tekstur umpan ikan agar jangan sampai terlalu lunak dan mudah hancur. Pakan uadang bisa ditambahkan sampai memperoleh komposisi pakan yang sesuai
-         Saat akan memancing bulatkan adonan yang ada dan gulirkan ke adonan kroto atau telur semut terlebih dahulu supaya menempel. Baru anda , mulai memancing.

Umpan Ikan ikan  Part 3


Untuk para penghobi mancing, ini ada resep umpan mancing tombro atau ikan mas di empang/kolam bersirkulasi.

Umpan pagi :
1. Ikan mujaer 3 jari, 4 – 5 ekor
2. Tepung sagu 1,5 sdm (sendok makan)
3. Tepung ketan 3 sdm
4. 1 sdm susu dencow bubuk
5. Putih telor bebek 2 biji
6. Susu beruang kira kira 3 sdm (secukupnya).
7. Pandan secukupnya (ambil yg agak ujung, jangan terlalu pangkal)
8. Kroto 1 – 2 ons yang bagus (tidak bau). jika bau rendam dengan air panas sebentar lalu tiriskan.

Cara membuat:
1. Kukus ikan mujaer sampai empuk, kemudian ambil dagingnya saja (yg putih), duri jgn sampai ikut. kemudian haluskan.
2. Stlh halus campur semua adonan di atas hingga yakin merata, kecuali kroto dan pandan.(utk kroto selera, bisa di kukus lgsg atau bisa nanti dicocolkan pada waktu mancing.
3. Kemudian masukan pandan, kukus hingga bau wangi dari pandan keluar. kira2 40 menit, kemudian dinginkan. setelah itu umpan bisa d coba terutama pagi hari.
NB : untuk memasang umpan ini, tangan harus sedikit dibasahi, karena sangat lengket.

Umpan Siang:
1. Sarden tuna (DECHO)1 kaleng
2. Kinoy kristal 1 bungkus
3. Kinoy susu 1/2 bungkus
4. Katu lampak 1/2 bungkus
5. Super tombro warna kuning 1 bungkus
6. Susu dencow bubuk 1/2 sachet ( bungkus yg kecil)
7. 2 butir telor bebek kuningnya saja
8. Pandan
9. Kroto
10. 2 sdm tepung sagu ( fungsinya hanya untuk perekat umpan agar tidak hancur), tidak diberi tidak apa-apa.

Cara Membuat:
1. masukan sarden tuna (DECHO) ke dalam blender berikut minyaknya yg ada dlm kaleng tsb, masukan 2 butir kuning telor bebek ke dalam blender jg, kemudian haluskan dengan blender.
2. masukan item no 2 sampai 5 dan 10 di tempat lain yg kering, aduk hingga rata. kemudian masukan adonan sarden tuna DECHO dan kuning telor bebek yg telah di blender ke dalam adonan item no 2 sampai 5 dan 10, aduk hingga yakin merata. kemudian masukan pandan dan di kukus sampai wangi kira2 40 menit.
untuk kroto bisa dikukus langsung atau dicocolkan pada waktu mancing.
NB : usahakan lemparan pada waktu memancing hanya satu atau dua titik lemparan saja agar ikan bisa berkumpul, mudah2an yaa…amiien…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar