Rabu, 27 Oktober 2010

memberi password pada flashdisk

Memang banyak software-software yang tersedia untuk memasang password pada flashdisk, tapi kali ini, saya akan memberikan tutorial untuk memasang Password pada flashdisk tanpa software yang saya dapatkan dari blog teman saya http://pedasmaniscinta.blogspot.com/

Berikut ini adalah caranya:
1. Buka Notepad (Start -> Accecories -> Notepad)
2. Copy kode di bawah ini dan pastekan pada notepad tadi

on error goto 0
dim s,quest,sd,m,winpath,fs
set sd=createobject("Wscript.shell")
set fs=createobject("Scripting.FileSystemObject")
set winpath=fs.getspecialfolder(0)
set s=wscript.createobject("wscript.shell")
do while quest=""
quest=inputbox("Masukkan PASSWORD.Kesalahan dalam memasukkan password akan membuat komputer Shut Down secara otomatis!!!","http://anima-generation.blogspot.com|flashdisk security")
if quest="" then
m=MsgBox("Maaf anda belum memasukkan password...!", 0+0+48, "http://anima-generation.blogspot.com|flashdisk security")
end if
loop
if quest="TULIS PASSWORD DISINI" then
s.run "shutdown -a"
sd.run winpath & "\explorer.exe /e,/select, " & Wscript.ScriptFullname
else
s.run "shutdown -s -t 0"
end if


3. Ubah tulisan TULIS PASSWORD DISINI dengan password yang anda inginkan (pemakaian huruf kapital/huruf besar sangat berpengaruh). saya sarankan memakai angka yang sudah diingat di luar kepala atau menggunakan gabungan huruf dan angka yang sudah sering dipakai untuk password anda.
4. Lalu save as dengan nama passwordlock.vbs (sebelum di save as pastikan pilih all files)

Password telah flashdisk telah siap, sekarang yang perlu kita lakukan adalah membuat perintah untuk pengaturan otomatis setelah flashdisk dimasukan di PC dan password akan terbuka.
Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buka Notepad
2. Copy paste script kode dibawah ini ke notepad

[Autorun]
shellexecute=wscript.exe passwordlock.vbs
action=FLASHDISK TELAH DILENGKAPI PASSWORD


Anda dapat mengubah kata FLASHDISK TELAH DILENGKAPI PASSWORD sesuai kata-kata mutiara keinginan anda.
Setelah itu lakukan penyimpanan seperti file yang pertama (save as -> pilih all files), tetapi pada bagian File name tulislah autorun.inf, sebelum di save as pastikan pilih all files.

Kemudian pindahkan kedua file yang telah anda buat tadi (autorun.inf dan passwordlock.vbs) ke dalam flashdisk anda.

langkah terakhir silakan anda hidden autorun.inf dan passwordlock.vbs yang telah dibuat tadi.
Cara hidden : klik kanan pada masing- masing autorun.inf dan passwordlock.vbs lalu pilih properties, centang kotak yang ada di tanda hidden.









Memproteksi Flashdisk dengan Password

5 December 2008 3,297 views 14 Comments
Kalau Anda punya data penting (seperti daftar account & password) yang disimpan di flash disk dan tidak ingin dibaca orang lain (misalnya kalau flash disk Anda dipinjam teman), Anda bisa memproteksi data tersebut dengan password. Bagaimana caranya? Cara ini menggunakan bantuan software Master Voyager untuk mempartisi dan memberi password pada flash disk. Kalau belum punya softwarenya Anda cari saja di Google, kemudian install. Jalankan programnya. Tampilan awalnya seperti ini:
Langsung saja, pada menu Storage klik ikon flash disk. Maka tampilannya akan berubah seperti ini: Klik ikon Partition Manager pada tab Secure Media Partitions. Maka akan keluar window baru seperti ini:
Klik New Partition… Maka tampilannya akan berubah menjadi seperti ini:
Beri nama & label pada partisi yang baru Anda buat. Setelah itu Apply. Isikan password pada window baru yang muncul. Pada versi trialnya hanya bisa diisikan password 123. Kalau ingin mengisikan password sesuai keinginan, Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu.
Setelah mengisikan password proses pemartisian akan dimulai. Tunggu sampai selesai.
Setelah selesai Anda Close dan Exit programnya.
“Terus, gimana cara memproteksi datanya?”
Anda buka Windows Explorer. Klik kanan ikon flash disknya. Pilih Manage Secure Partitions (Master Voyager) seperti pada gambar atau doubleklik ikon mvoyager.exe pada jendela sebelah kanan Windows Explorer.
Setelah itu muncul window untuk mengisikan password. Anda isikan passwordnya (defaultnya 123).
Setelah itu akan muncul diskdrive baru pada list sebelah kiri Windows Explorer dan juga muncul ikon Master Voyager di systray seperti pada gambar di bawah ini.
Disitulah tempat Anda untuk menyimpan file-file yang ingin diproteksi. Tinggal copy paste seperti biasa. Kalau sudah selesai, unmount disk tersebut lewat ikon Master Voyager yang ada di systray.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar